![]() |
Gubernur Ganjar Pranowo menegaskan petugas adminduk harus ramah, murah senyum dan cepat dalam melayani masyarakat. (foto: ag-infoblora) |
Saat mengikuti dialog telekonferensi
dalam acara musyawarah perencanaan pembangunan wilayah (musrenbangwil) di
Pendopo Kabupaten Blora, Kamis (31/3) kemarin dirinya langsung menanyakan
pelaksanaan layanan adminduk di Blora kepada Kepala Desa Trembulrejo Ngawen dan
pegawai Dindukcapil.
“Pak Kades, pelayanan pembuatan KPT
elektronik di desa jenengan pripun? Cepet napa dangu?,” tanya Ganjar.
Kades Trembulrejo Ahmad Sucipto pun langsung
menjawab bahwa proses pembuatan KTP elektronik di desanya dilayani di Kecamatan
Ngawen, sedangkan pencetakannya di dinas kabupaten.
“Pembuatan KTP elektronik memakan waktu
satu minggu Pak Gub. Mulai perekaman data di Kecamatan dan menunggu pencetakan
di dinas kabupaten. Seteah itu pihak desa baru membagikan ke masyarakat,”
jelasnya.
Gubernur Ganjar menegaskan bahwa layanan
adminduk kepada masyarakat wajib cepat karena identitas diri itu penting baik
untuk sekolah, melamar pekerjaan hingga bepergian. “Jangan sampai proses
pembuatan adminduk semakan waktu yang lama. Proses harus cepat. Saya minta
kepada semua bupati/walikota agar kedepan pelayanan adminduk bisa dilakukan
cukup di kecamatan. Kalau di kabupaten itu kejauhan,” bebernya.
“Ing Blora damel KTP elektronik gratis
nggih? Kadang ing kecamatan ono kotak amal ilegal, semoga Blora tidak ada
seperti itu. Pelayanan adminduk itu gratis, jangan membebani masyarakat dengan
biaya-biaya administrasi yang tidak jelas,” lanjut Ganjar disambut riuh peserta
musrenbangwil.
Jika pengajuan dokumen adminduk meliputi KTP-el, KK, Akta Keluarga dan
lainnya terlalu banyak. Dirinya pun meminta kepada Dindukcapil untuk melakukan
lembur. “Lembur demi pelayanan masyarakat tidak ada ruginya. Kalau perlu lembur
sampai pagi agar masyarakat terlayani dengan puas,” kata Ganjar.
Khusus kepada petugas adminduk baik di
kecamatan maupun Dindukcpil Kabupaten, dirinya meminta selalu melemparkan
senyuman yang ramah kepada masyarakat. “Kadang gawe wong guyu kui angel.
Petugas pelayan masyarakat harus mengutamakan keramahan, senyum. Ayo coba
senyum, dengan senyum maka masyarakat akan merasa nyaman ketika dilayani,”
pungkas Ganjar, sambil meninjau stan pameran Dindukcapil Blora di Alun-alun.
(rs-infoblora)
1 komentar:
sebagai contoh di kecamatam blora
masih ada pungli pihak oknum PNS
membuat KK 10rb,
KTP 15 rb.
saya menulis karena ini kejadian saya yang mengalami
Posting Komentar