![]() |
Enam pejabat PNS Blora ikutites kompetensi calon sekretaris daerah (Sekda) Kab.Blora di Kantor BKD Jawa Tengah. |
SEMARANG. Pagi ini, Senin (26/1) bertempat di BKD Provinsi Jateng, Kabupaten Blora menyelenggarakan Tes Kompetensi
calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Blora yang
difasilitasi oleh BKD Prov Jateng selama 2 hari (26 s/d 27).
Hadir dalam
pembukaan, Kepala BKD Prov Jateng, Suko Mardiono, SH, MM didampingi Kepala
Bidang Pengembangan Pegawai, Pejabat yang mengikuti Tes Kompetensi sejumlah 6
orang calon, Inspektur dan Kepala BKD beserta 3 staf Kabupaten Blora, serta Tim
Assesment Center Prov. Jateng.
Dalam pembukaan
acara tersebut Kepala BKD Prov Jateng menyampaikan “Selamat Datang” dan ucapan
terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora yang telah memberikan
kepercayaan kepada Tim Assesment Prov Jateng untuk memfasilitasi pengukuran
potensi dan kompetensi PNS melalui model Position Competencies Assessment
Program (PCAP).
Reformasi Birokrasi
dalam bidang SDM aparatur diarahkan untuk meningkatkan profesionalisme aparatur
negara, berorientasi untuk mendukung pembangunan nasional dengan rencana
aksinya diantaranya adalah Program Sistem Promosi PNS secara terbuka.
Hal tersebut juga
dipertegas dengan lahirnya UU. No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,
bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah
dilakukan secara terbuka dan kompetitif dengan memperhatikan syarat kompetensi,
kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan
integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan, pelaksanaannya dilakukan oleh Panitia Seleksi yang dibentuk
oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.
Implementasinya
dengan kebijakan promosi terbuka dalam jabatan struktural, dilaksanakan sebagai
upaya untuk menjamin obyektifitas, keadilan (equity), transparansi
dan akuntabilitas dalam pengisian jabatan struktural lowong sehingga diharapkan
PNS yang menduduki jabatan struktural memiliki kompetensi unggul dan mampu
bekerja secara profesional.
Sebagai dasar adalah
Per-MenPAN & RB No.13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan
struktural Yang Lowong Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, dan
Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 821.22/5992/SJ Tanggal 29 Oktober 2014 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Jabatan Pimpinan
Tinggi di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Surat
Gubernur Jawa Tengah Nomor 821/011585 tanggal 21 November 2014 dimana untuk
pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah
Kabupaten/Kota tidak lagi dilakukan melalui konsultasi kepada Gubernur
melainkan melalui metode seleksi secara terbuka.
Assessment Center
Manfaat
ganda dilaksanakannya Assessment Center adalah bagi organisasi dan
bagi PNS yang bersangkutan, antara lain yaitu : Memperoleh kriteria yang jelas untuk suatu jabatan
tertentu; Mengidentifikasi kader-kader pemimpin melalui suatu
metode yang memiliki akurasi dan obyektifitas yang dapat diandalkan; Menghasilkan strategi dan tindakan pengembangan yang
spesifik dan terencana bagi pegawai; Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan managerial
pegawai.
Hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pimpinan organisasi sebagai salah satu sarana/alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti rekruitmen, promosi, mutasi dan pengembangan karir pegawai.
Hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pimpinan organisasi sebagai salah satu sarana/alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti rekruitmen, promosi, mutasi dan pengembangan karir pegawai.
![]() |
Enam pejabat kandidat calon Sekda Kabupaten Blora mengikuti pembukaan tes kompetensi di Kantor BKD Jawa Tengah. |
Calon
Pejabat Pimpinan Tinggi
Kegiatan Tes
Kompetensi/PCAP bagi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah
Kabupaten Blora diikuti oleh sejumlah 6 (enam) orang yaitu :
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
Drs. BONDAN SUKARNO, MM
|
Asisten Perekonomian, Pembangunan
dan Kesra Sekda Kabupaten Blora
|
2.
|
SLAMET PAMUJI, SH, M.Hum
|
Kepala Dinas Perhubungan
Pariwisata Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora
|
3.
|
Ir. SUTIKNO SLAMET
|
Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten
Blora
|
4.
|
WINARNO, S.Sos
|
Kepala Badan Pemberdayaan
Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Blora
|
5.
|
Drs. PURWANTO, MM
|
Kepala Badan Penanaman Modal dan
Pelayanan Perijinan Kabupaten Blora
|
6.
|
KOMANG GEDE IRAWADI, SE, M.Si
|
Asisten Administrasi Sekda
Kabupaten Blora
|
Seperti
disampaikan oleh staf dari BKD Kab Blora, hasil tes Kompetensi akan disampaikan
kepada Pansel yang telah ditunjuk oleh Bupati Blora yang anggotanya adalah 2
orang dari unsur dalam (PNS), 3 orang dari unsur luar (Non PNS), dan diketuai
dari unsur Non PNS.
Diakhir
sambutanya Suko Mardiono mengharapkan peserta dapat berkonsentrasi mengikuti
dengan baik, dan semoga dapat memberikan manfaatkan bagi pengembangan SDM di
lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora. (Jo-infoblora | Humas BKD Jateng)
0 komentar:
Posting Komentar