Pages

1 Jun 2014

Menuai Keberhasilan dari Wisuda PAUD - TK Islam Al-Karomah Kelurahan Mlangsen

Akhirussanah PAUD-TK Al Karomah Kel.Mlangsen Blora
BLORA. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), walaupun bukan suatu prasyarat dalam memasuki jenjang pendidikan dasar, namun jika dilihat dari kacamata kemanfaatan PAUD, sudah seharusnya PAUD dijadikan sebagai suatu prasyarat dalam memasuk jenjang pendidikan dasar.

Akan lebih mudah mendidik anak yang sudah terdidik daripada mendidik anak yang tidak atau belum tersentuh dengan layanan pendidikan. Pernyataan tersebut tersirat pada Akhirussanah (wisuda) PAUD dan TK Islam Al-Karomah Kelurahan Mlangsen, Sabtu (31/05).

Kepala Sekolah PAUD dan TK Islam Al Karomah Kelurahan Mlangsen, Dwi Setyorini, S.Pd, menjelaskan pelaksanaan Akhirussanah tahun pelajaran 2013 / 2014 sengaja di kemas dalam berbagai atraksi seni dari para peserta didik yang diasuhnya. “Tujuannya, selain untuk melepas siswa yang akan masuk SD, juga mengenalkan dan memperlihatkan kemampuan putra-putri peserta didik kami dalam bakat seni dan budaya,” tandas Dwi Setyorini di sela-sela acara yang berlangsung di gedung serba guna Mr.Green, Desa Seso, Kecamatan Jepon, Blora.

Masih menurut dia, pada tahun pelajaran 2013 / 2014 ini Akhirussanah PAUD dan TK Islam Al-Karomah Kelurahan Mlangsen yang beralamat di Jalan Cendana RT 08 / RW III mewisuda sebanyak 21 peserta didik. Acara tersebut di hadiri oleh orang tua dan wali murid. Salah seorang orang tua peserta didik PAUD, Muhammad Taufiqurohman mengaku bangga atas hasil pendidikan yang dicapai oleh anaknya melalui PAUD tersebut. “Sebagai orang tua, tentu kami bangga, artinya betapa pentingnya pengaruh PAUD dalam membangun Karakter dan kepribadian anak,” ujarnya.

Kebanggaan itu muncul, kata dia, ketika hal-hal bersikap positif mampu dilakukan oleh anak seusia tiga tahun. Sebab, anak tersebut sudah mampu melafalkan doa, menyanyi, menari, maupun memainkan seni drama dengan ekspresi yang baik. 

Berbagai sumber menjelaskan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam tahun. PAUD pada dasarnya berkembang dalam lingkungan yang sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai filosofi dan religius dimana dia bertumbuh berkembang seperti faktor agama, budaya, adat istiadat, sosial, dll.

Isi program kegiatan belajar bagi anak apakah itu TK, RA ataupun KB, dan TPA seharusnya diarahkan untuk pembentukan karakter dan kepribadian anak. Oleh karena itu isi dari program kegiatan belajar haruslah dirancang dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan pemberian pengalaman belajar yang membawa anak pada pembentukan pribadi yang baik.

Semua kegiatan belajar dalam program haruslah berisi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan kognitif, psikomotorik, dan sikap yang baik. Dari data yang dihimpun, di Blora saat ini ada 776 PAUD yang terdiri dari 543 Taman Kanak-Kanak (TK), 170 kelompok belajar (KB), 61 pos PAUD serta 2 tempat penitipan anak (PA). Lembaga ini merupakan bagian dari PAUD yang harus dibina. (rs-infoblora | DPPKKI Blora).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran serta masukan sangat berharga demi akuratnya informasi dalam portal infoblora.id ini.