![]() |
Akhirussanah PAUD-TK Al Karomah Kel.Mlangsen Blora |
BLORA. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), walaupun bukan suatu prasyarat dalam
memasuki jenjang pendidikan dasar, namun jika dilihat dari kacamata
kemanfaatan PAUD, sudah seharusnya PAUD dijadikan sebagai suatu
prasyarat dalam memasuk jenjang pendidikan dasar.
Akan lebih mudah
mendidik anak yang sudah terdidik daripada mendidik anak yang tidak atau
belum tersentuh dengan layanan pendidikan. Pernyataan tersebut tersirat
pada Akhirussanah (wisuda) PAUD dan TK Islam Al-Karomah Kelurahan
Mlangsen, Sabtu (31/05).
Kepala Sekolah PAUD dan TK Islam Al Karomah Kelurahan Mlangsen, Dwi
Setyorini, S.Pd, menjelaskan pelaksanaan Akhirussanah tahun pelajaran
2013 / 2014 sengaja di kemas dalam berbagai atraksi seni dari para
peserta didik yang diasuhnya.
“Tujuannya, selain untuk melepas siswa yang akan masuk SD, juga
mengenalkan dan memperlihatkan kemampuan putra-putri peserta didik kami
dalam bakat seni dan budaya,” tandas Dwi Setyorini di sela-sela acara
yang berlangsung di gedung serba guna Mr.Green, Desa Seso, Kecamatan
Jepon, Blora.
Masih menurut dia, pada tahun pelajaran 2013 / 2014 ini Akhirussanah
PAUD dan TK Islam Al-Karomah Kelurahan Mlangsen yang beralamat di Jalan
Cendana RT 08 / RW III mewisuda sebanyak 21 peserta didik. Acara
tersebut di hadiri oleh orang tua dan wali murid.
Salah seorang orang tua peserta didik PAUD, Muhammad Taufiqurohman
mengaku bangga atas hasil pendidikan yang dicapai oleh anaknya melalui
PAUD tersebut.
“Sebagai orang tua, tentu kami bangga, artinya betapa pentingnya
pengaruh PAUD dalam membangun Karakter dan kepribadian anak,” ujarnya.
Kebanggaan itu muncul, kata dia, ketika hal-hal bersikap positif mampu
dilakukan oleh anak seusia tiga tahun. Sebab, anak tersebut sudah mampu
melafalkan doa, menyanyi, menari, maupun memainkan seni drama dengan
ekspresi yang baik.
Berbagai sumber menjelaskan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam tahun. PAUD pada
dasarnya berkembang dalam lingkungan yang sangat dipengaruhi oleh
nilai-nilai filosofi dan religius dimana dia bertumbuh berkembang
seperti faktor agama, budaya, adat istiadat, sosial, dll.
Isi program kegiatan belajar bagi anak apakah itu TK, RA ataupun KB, dan
TPA seharusnya diarahkan untuk pembentukan karakter dan kepribadian
anak. Oleh karena itu isi dari program kegiatan belajar haruslah
dirancang dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan pemberian
pengalaman belajar yang membawa anak pada pembentukan pribadi yang baik.
Semua kegiatan belajar dalam program haruslah berisi dengan
kegiatan-kegiatan yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan
kognitif, psikomotorik, dan sikap yang baik.
Dari data yang dihimpun, di Blora saat ini ada 776 PAUD yang terdiri
dari 543 Taman Kanak-Kanak (TK), 170 kelompok belajar (KB), 61 pos PAUD
serta 2 tempat penitipan anak (PA). Lembaga ini merupakan bagian dari
PAUD yang harus dibina. (rs-infoblora | DPPKKI Blora).
0 komentar:
Posting Komentar