Home » , , , » OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF

OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF

radiogagakrimangfm.com on 6 Des 2024 | 04.56


INFOBLORA.ID - Sosial media menjadi salah satu perantara yang efektif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengawali penerapan strategi pemasaran digital atau digital marketing. Hal ini dapat memudahkan pelaku UMKM untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk mereka.

Hal itu diungkapkan Dhania Ayu Ninda Sutara, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret semester 5 jurusan Manajemen Pemasaran yang saat ini melakukan kegiatan magang mandiri (MBKM) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

Dhania mengungkapkan, dalam hal ini pelaku UMKM dapat memanfaatkan sosial media seperti Instagram, TikTok, dan sosial media lainnya.

Selain itu, digital marketing menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional. UMKM dapat menggunakan media sosial dan iklan berbayar tanpa harus mengeluarkan biaya cetak fisik.

Salah satu langkah awal yang baik adalah UMKM sudah dapat membangun hubungan dan kepercayaan melalui branding yang kuat, seperti memiliki satu produk best seller atau yang sudah dikenal oleh pelanggan tetap. Branding produk yang sudah baik, salah satunya dimiliki oleh ‘Batik Nimas Barokah’ dengan produk batik tulis khas Blora yaitu ‘Batik Pring Tayub’.

Branding  produk yang kuat dapat memudahkan UMKM untuk memanfaatkan sosial media sebagai salah satu strategi pemasaran. Dengan pelanggan yang sudah memiliki kepercayaan besar melalui branding  yang  kuat, maka UMKM dapat lebih cepat untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Strategi yang efektif sebagai awal penerapan strategi pemasaran digital, UMKM dapat  memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan TikTok untuk meningkatlan branding produk kepada pelanggan atau calon pelanggan. UMKM perlu memilih platform yang sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan dan secara  konsisten mengelola konten dengan baik.

Dhania menandaskan, memanfaatkan sosial media sangat penting untuk memperhatikan tren apa saja yang dapat digunakan sebagai  bahan  untuk membuat konten, dan dapat menyesuaikan dengan target pasar yang  dituju.  
Share this article :

0 komentar:


 
Copyright © 2013. infoblora.id - All Rights Reserved